Praktikum Jarak Jauh dengan Memanfaatkan Fitur Laboratorium Maya

Perkembangan teknologi yang pesat merupakan ciri utama dari Era Abad 21. Dampak dari perkembangan tersebut adalah terjadinya perubahan peran pendidik terhadap peserta didik. Pada mulanya pendidik yang berperan sebagai pusat, kini beralih menjadi mitra pembelajaran bagi peserta didik.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pesat juga telah menawarkan berbagai kemudahan bagi pendidik dan peserta didik untuk bermitra dengan teknologi dalam melakukan pembelajaran. Guru tinggal memilih fitur apa yang sesuai untuk  pembelajaran yang akan dilakukannya. Tinggal disesuaikan dengan karakter peserta didik maupun perangkat gawai yang dimiliki.

Melalui pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran, diharapkan guru dapat membangun keterampilan peserta didik guna menentukan sendiri tujuan pembelajaran, konstruksi pengetahuan, komunikasi, kolaborasi, dan penyelesaian masalah. Hal tersebut bisa dilakukan oleh guru dengan memilih platform pembelajaran yang sesuai, salah satunya yakni Portal Rumah Belajar.

Fitur-Fitur pada Portal Rumah Belajar tidak selalu mutlak memerlukan akses internet. Pada platform ini, banyak fitur yang dapat diakses secara ofline. Platform ini memang dikembangkan untuk mewujudkan era Merdeka Belajar di seluruh pelosok negeri Indonesia. Tidak peduli sinyal lancar atau tidak. Bahkan daerah yang belum terdapat akses internet pun bisa dijangkau. Hanya saja masih banyak di antara kita yang belum mengenal Portal Rumah Belajar. Platform pembelajaran yang diakses secara gratis dan merupakan fasilitas dari kemdikbud khusus bagi kita para insan Pendidikan.

Berangkat dari hal tersebut, kami peserta PembaTIK level 4 Kalimantan Tengah berkolaborasi untuk melakukan sosialisasi portal Rumah Belajar dalam webinar yang bertajuk Parade Kalteng Berbagi. Kolaborasi ini pertama kali digagas oleh Almubarok Hadi, S.Pd., yang merupakan salah satu Sahabat Rumah Belajar (SRB) Kalimantan Tengah 2020. Bersama dua SRB lainnya yaitu Brawijaya, S.ST dan Asep Listyorini, M.Pd., kami melaksanakan Parade Kalteng Berbagi sebanyak lima kali.

Pada Parade Kalteng Berbagi Batch #1 diadakan pada tanggal 08 Oktober 2020. Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Sampit, yakni Drs. Ino. Webinar kali ini terdiri dari empat sesi. Saya mendapat giliran pada sesi ke tiga. Materi sosialisasi yang saya usung bertema Praktikum Jarak Jauh dengan Memanfaatkan Fitur Laboratorium Maya. Selain menjadi pemateri pada sesi ini masing-masing dari kami juga mendapat giliran peran sebagai moderator. Tidak hanya itu, peran kolaborasi yang kami lakuakan juga terjadi di belakang layar. Dari kami ber empat masing-masing memiliki tugas sendiri, sehingga webinar ini dapat berlangsung lancar dan tanpa hambatan yang berarti.

Fitur Laboratorium Maya merupakan salah satu fitur yang menarik dan sayang apabila dilewatkan  penggunaannya pada PJJ. Apalagi fitur ini dapat diakses secar online maupun offline. Sehingga merupakan solusi yang tepat dalam PJJ saat ini, terutama bagi praktikum pembelajaran IPA (Fisika, Kimia, Biologi) dan Matematika.

Fitur Laboratorium Maya didesain sebagai solusi ketika sulit untuk melakukan percoabaan yang sesungguhnya. Seperti ketidaktersediaan bahan ataupun karena halangan untuk tatap muka akibat pandemi saat ini. 

Untuk mengaksesnya kita cukup dengan masuk ke laman belajar.kemdikbud.go.id. di halaman awal kita akan langsung mendapati Fitur ini pada bagian Fitur Utama dari Portal Rumah Belajar. Setelah kita klik ikon “coba sekarang” maka kita akan disuguhkan dengan berbagai macam pilihan laboratorium maya dari tingkat SD hingga SMA/SMK sederajat. Kita bisa langsung men-share kepada siswa dengan cara meng-copy link laboratorium yang kita kehendaki. 

Dalam setiap laboratorium maya juga dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat diunduh dengan cara log in terlebih dahulu. Untuk memanfaatkan secara ofline, guru juga bisa mendownload laboratorium tersebut dengan mealalui langkah log in terlebih dahulu, 

Praktikum menggunakan laboratorium maya sangat mudah dilaksanakan karena pada setiap laboratorium dilengkapi dengan petunjuk penggunaan. Untuk memastikan bahwa setiap siswa melakukan praktikum, guru dapat menugaskan siswa untuk membuat laporan dengan cara membuat video presentasi yang menunjukkan pelaksanaan praktikum atau dengan teknik rekam layar, seperti pada contoh berikut.


Seri Parade Kalteng berbagi ini ditutup dengan acara kuis melalui platform quizizz untuk mencari empat orang terbaik yang berhak mendapatkan voucher pulsa sebagai dorprize dari kami. selanjutnya acara penutup diakiri dengan kegiatan foto bersama dengan para pesrta webinar.

Selengkapnya webinar ini dapat dilihat di: