Pengenalan Fitur-Fitur pada Portal Rumah Belajar

Berbagi hal baik adalah ibadah. Itulah prinsip hidup saya. Sebagai peserta PembaTIK Level 4 2020, saya fokus mensosialisasikan Portal Rumah Belajar baik kepada siswa maupun teman sejawat.

Sosialisasi pertama terjadi pada hari senin, 28 September 2020 yang bertempat di SMP Negeri 4 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka bertepatan dengan rapat dinas dengan agenda pembahasan Pelaksananaan PJJ-BDR dan PTS. Hal ini dilakukan mengingat bila tatap muka pesan yang dimaksud akan lebih mudah diterima, sekaligus memanfaatkan momen yang kini sangat sulit ditemui.

Sumber: Dok. Pribadi

Kegiatan sosialisasi diisi dengan presentasi mengenai berbagai fitur yang ada di Portal Rumah Belajar, dilanjutkan dengan praktek pemanfaatan beberapa fitur yang banyak digunakan untuk pembelajaran. Banyaknya guru di tempat kami yang belum tahu mengenai portal rumah belajar membuat mereka sangat antusias untuk belajar menggunakannya. Apalagi didukung oleh fitur Rumah belajar yang semakin lengkap dan dapat digunakan oleh berbagai Mata Pelajaran.

Sumber: Dok. Pribadi

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah dilakukannya konsultasi dan pendampingan bagi guru-guru untuk dapat memanfaatkan fitur-fitur Portal Rumah Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada kelas yang diampu. Dengan demikian, diharapkan kompetensi TIK guru dan siswa SMP Negeri 4 Sampit dapat meningkat dan terhindar dari ketertinggalan teknologi.

                                                                Sumber: Dok. Pribadi