Parade Kalteng Berbagi batch #2 dilaksanakan pada tanggal 12 September 2020. Webinar kali ini dibuka oleh ibu Asep Listyowati, M.Pd., salah satu rekan SRB dalam kolaborasi kegiatan sosialisasi Portal Rumah Belajar ini.


Tepat pukul 08.30, moderator membuka acara dan mempersilahkan para pemateri untuk memaparkan materi. Sebagai pemateri pertama, Brawijaya, S.ST menyampaikan materi tentang Aplikasi Rumah Belajar Berbasis Android. Materi ini disampaikan beliau terkait sebagian besar siswa-siswi kita yang tidak memiliki leptop. Mereka cenderung memiliki smartphone. Materi beliau sampaikan dengan cara simulasi menggunakan aplikasi emulator, sehingga tayangan yang dihasilkan persis sama dengan di layar handphone.

Pemateri kedua yaitu Asep Listyowati, M.Pd dengan moderator saya sendiri yaitu Halimatul Sa’diyah, M.Pd. beliau menyampaikan tentang fitur Bank Soal. Fitur Bank Soal merupakan salah satu fitur utama yang terdapat pada Rumah Belajar. Pada fitur ini terdapat berbagai macam jenis soal yakni latihan, ulangan dan ujian. Beliau juga menjelaskan tentang cara mengakses Bank Soal. Pada sesi ini tidak dapat dilakukan simulasi cara pembuatan soal karena fitur ini sedang berada pada tahap maintenance.


Sesi selanjutnya dikawal oleh Brawijaya, S.ST sebagai moderator. Sedangkan materi disampaikan oleh Almubarok Hadi, S.Pd. materi yang beliau sampaikan yaitu Fitur M-edukasi. Fitur ini merupakan satu dari sekian banyak pilihan fitur interaktif yang ada pada portal Rumah Belajar. 

Fitur M-edukasi merupakan fitur berbasis android. Penggunaannya dengan cara diunduh dulu melalui playstore. Bila sedang tidak ada akses internet, fitur ini dapat digunakan dalam mode ofline


Selesai sesi ketiga, hadir DRB Kalteng 2019, Hanna Kali Wahyuni. Kesempatan ini tidak kami sia-siakan, karena dengan kehadiran beliau kami manfaatkan untuk memberi masukan bagi kami dan para peserta untuk ikut berperan serta mengisi konten pada Portal Rumah Belajar, khususnya bagi guru SMK. Karena untuk jenjang tersebut konten pada Sumber Belajar masih sedikit. 

Akhirnya, di sesi ke empat tibalah giliran saya sebagai pemateri. Almubarok Hadi, S.Pd. berperan sebagai moderator yang mengarahkan tentang materi yang akan saya sampaikan. Pada sesi ini saya menyampaikan tentang Edugame. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri maupun dengan bimbingan orang tua. Dengan fitur ini, siswa dapat memahami konsep dasar dari suatu materi yang disajikan. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh siswa dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK sederajat.

Pada sesi ini saya melakukan simulasi langsung bagaimana pemanfaatan fitur tersebut. Dari mulai cara akses, cara mengoperasikan hingga bagaimana cara membagi kepada siswa. Saat simulasi dapat dilihat bahwa fitur ini dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran, khususnya pada saat ice breaking atau refleksi. 

Di sesi terakhir ini antusiasme peserta meningkat karena peserta yang memang dari kalangan guru mendapatkan inspirasi baru bagaimana agar dapat memfasilitasi pembelajaran menyenangkan namun tetap bermakna. Antusiasme tersebut dapat dilihat dari kolom chat rata-rata menyebutkan bahwa fitur Edugame sangat keren dan mereka berpendapat bila diaplikasikan dalam pembelajaran pasti siswa akan lebih semangat.

Seri webinar kali ini ditutup dengan permainan menggunakan Quizizz. Permainan ini bertujuan untuk mendapatkan tiga orang terbaik yang berhak mendapatkan voucher pulsa sebagai doorprize.


Seperti pada batch sebelumnya,sebagai penutupan kami mengajak semua peserta yang hadir dalam webinar untuk foto bersama. meskipun peserta lebih sedikit dari sesi sebelumnya, semangat kami kembali meningkat dengan kehadiran DRB.


Webinar selengkapnya dapat dilihat di: