Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Pembelajaran di Masa Pandemi

Kamis, 15 Oktober 2020. Barbagi pagi ini diawali dengan pembukaan oleh SRB KALTENG, Asep Listyowaty, M.Pd. sebagai moderator. Selanjutnya sambutan juga disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri SMA Negeri 2 Pangkalanbun. Dalam sambutan ini beliau memaparkan dukungan terhadap kegiatan PembaTIK, terutama pada Parade KALTENG Berbagi yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan diklat PembaTIK level 4.


Sesi pertama dibawakan oleh Brawijaya, S.ST. Beliau tentang Laboratorium Maya sebagai alternatif praktikum pembelajaran jarak jauh. Beliau memaparkan tentang Laboratorium maya yang dikemas dalam bentuk simulasi secara animasi.

Sebelum berlanjut ke sesi dua, moderator mengarahkan acara kepada sambutan dari DRB KALTENG 2019, yang diundang secara khusus pada acara ini. Beliau menyampaikan arahan berkaitan dengan Portal Rumah Belajar. Beliau juga mengajak para peserta untuk dapat ikut menggunakan portal rumah belajar yang banyak memiliki fitur yang mendukung dalam pembelajaran berbasis TIK.

Di sesi ke dua saya berkesempatan untuk menyampaikan tentang pemanfaatan Fitur Bank Soal untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa. Pada sesi ini saya menjelaskan berbagai menu yang ada pada fitur ini.  Fitur Bank Soal dapat diakses melalui laman belajar.kemdikbud.go.id. pada bagian menu utama.

Untuk membuat dan mengunggah soal, kita harus memiliki akun dengan memnfaatkan menu daftar. Setelah pendaftaran berhasil, maka kita dapat mengunggah soal yang kita miliki, sehingga dapat memperkaya referensi soal pada fitur tersebut. Pada akhirnya, soal-soal yang kita buat dapat dimanfaatkan oleh siswa di seluruh Indonesia untuk sarana latihan, ulangan maupun ujian. Dan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa.

Selanjutnya sesi ke tiga disampaikan oleh Almubarok Hadi, S.Pd. yang menyampaikan materi tentang Fitur Budaya. Fitur ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran IPS. Dalam fitur ini terdapat berbagai konten sejarah, seni, dan budaya. Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat digunakan sebagai bahan literasi bagi siswa.


Di sesi terakhir diisi oleh Asep Listyorini, M.Pd., yang menyampaikan tentang pemanfaatan TV Edukasi dalam pembelajaran. Akses fitur ini bisa melalui layanan streaming menggunakan jaringan internet, serta melalui pesawat televise menggunakan satelit palapa.

Berikut foto bersama di acara penutupan bersama peserta: