Kolaborasi Berbagi SRB KALTENG yang Tak Tergoyahkan

Sabtu, tanggal 17 September 2020. Di pagi hari jam 09.00 dengan suasana mendung dan masih hujan rintik-rintik, grup kolaborasi kami masih semangat dalam melaksanakan parade berbagi KALTENG. Di batch 5 ini, kami khusus mengundang DRB 2017 yaitu Achmad Mujahid. Saat sambutan, beliau banyak member wejangan dan motivasi bagi kami para SRB. Dalam sambutannya, pak Mujahid mengatakan bahwa, “Duta Rumah Belajar bukanlah suatu tujuan. Bila menjadi DRB menjadi tujuan, maka kegiatan berbagi akan terhenti ketika tujuan tersebut tidak tercapai”.

Di sesi pertama, materi diisi oleh Asep Listyorini, M.Pd. Beliau menyampaikan materi tentang fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Fitur ini dapat diakses melalui prtal Rumah Belajar dan dan laman simpatik.belajar.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya di sesi dua merupakan kesempatan saya untuk menjadi pemateri. Pada sesi ini saya memaparkan tutorial mengenai bagaimana cara mengisi konten pada Kelas Maya. Kelas Maya merupakan sebuah Learning Management System yang memfasilitasi pembelajaran secara virtual. Pada fitur ini, konten yang dapat diunggah terdiri dari tiga jenis, yaitu modul, tugas, kuis, dan soal ujian.

Selanjutnya sesi ke tiga, pematerinya adalah Brawijaya, S.Pd. Beliau menyampaikan materi tentang Pengenalan Laboratorium Maya untuk Praktikum selama PJJ. Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa adanya Laboratorium Maya tidak menghalangi kegiatan praktikum selama belajar dari Rumah.

Akhirnya menuju sesi terakhir yaitu sesi 4. Sesi ini diisi oleh Almubarok Hadi, S.Pd. sebagai pemateri. Materi yang dipaparkan adalah mengenai fitur Buku Sekolah Elektronik (BSE). Dalam sesi materinya, beliau menyampaikan bahwa fitur ini dapat dimanfaatkan secara offline dengan cara mengunduh buku elektronik yang dibutuhkan.

Berikut adalah foto bersama peserta di akhir acara.